The Meg, Perpaduan Film Jaws Dan Jurassic Park

The Meg, Perpaduan Film Jaws Dan Jurassic Park

The Meg, Perpaduan Film Jaws Dan Jurassic Park

Hollywood senang memproduksi film tentang ikan hiu, sudah banyak beredar film tentang predator terganas di lautan ini. Sejak Jaws dirilis pada tahun 1975, para pembuat film ingin mengikuti jejak sukses film karya Steven Spielberg tersebut. Selain 4 film dari seri Jaws, yang sukses: Deep Blue Sea (1999), The Shallow (2016), dan Open Water (2003). Bahkan film Sharknado yang dikritik karena terlalu mengada-ada, juga telah dibuat hingga 3 seri.

Sebentar lagi film tentang makhluk laut yang mematikan akan bertambah satu dan diberi judul The Meg. Film ini adaptasi dari buku laris karya Steve Alten tahun 1997 berjudul Meg: A Novel of Deep Terror. Meg adalah singkatan dari Megalodon yaitu hiu raksasa berukuran 75 kaki (23 meter) dari jaman purba. Dan di film ini akan menceritakan tentang makhluk yang dianggap telah punah, tapi ternyata masih membuat teror.

Film ini adalah kolaborasi antara AS dan China dengan produser Warner Bros dan Gravity Pictures. Kerjasama perdana mereka yaitu The Great Wall (2016) gagal di pasaran di dua negara tersebut. Padahal film ini diisi oleh beberapa aktor terkenal yaitu Matt Damon, William Dafoe dan Andy Lau. Kegagalan ini membuat tanggal rilis The Meg dimundurkan 5 bulan menjadi 10 Agustus 2018. Kabarnya mereka tak ingin bersaing dengan film Marvel  yaitu New Mutant yang rilis di bulan Mei 2018.

Beberapa sutradara didekati oleh New Line sejak 2006 untuk membuat film ini. Mereka adalah : Jan de Bont (Speed) dan Guillermo del Toro (The Shape of Water). Tapi budget yang semula $80 juta membengkak menjadi $200 juta sehingga proyek ini batal. Hak milik kembali ke Alten, dan akhirnya dibeli oleh Warner Bros. Eli Roth dipilih jadi sutradara, tapi keluar karena berbeda pendapat dengan tim kreatif. Akhirnya dia diganti oleh Jon Turteltaub (National Treasure).

Turteltaub merekrut Jason Statham, Jessica McNamee (Battle of the Sexes), Ruby Rose (John Wick: Chapter Two), dan Rainn Wilson (The Office). Sedangkan pemain dari China yaitu aktris terkenal Li BingBing, Winston Chao dan Shuya Sophia Cai. Statham akan berperan sebagai mantan kapten Navy dan penyelam ulung yang disewa ahli lautan China. Dia harus menyelamatkan sekelompok ilmuwan dari serangan Megalodon. Padahal karakter Statham yaitu Jonas Taylor trauma karena sebelumnya pernah bertemu dengan monster tersebut. Statham berkata bahwa ini adalah film yang sangat bagus. Dia menganggap film The Meg adalah perpaduan dari Jaws dan Jurassic Park

Ada kejadian menegangkan ketika aktris asal Australia Ruby Rose  hampir tenggelam saat syuting. Sutradara Jon Turteltaub tidak mengetahui keadaan tersebut dan menganggap akting Rose sangat brilian. Semula dia memang akting, tapi selanjutnya dia benar-benar berusaha untuk menyelamatkan diri.

The Meg akan dirilis pada tanggal 10 Agustus 2018.