Bagaimana Masa Depan Franchise Star Wars Setelah The Last Jedi?

Bagaimana Masa Depan Franchise Star Wars Setelah The Last Jedi?

Bagaimana Masa Depan Franchise Star Wars Setelah The Last Jedi?

Film Star Wars: The Last Jedi telah hadir di bioskop Indonesia sejak 13 Desember 2017, sudahkah anda menontonnya? Jika anda penggemar fanatik Star Wars, tentu tidak akan melewatkan kesempatan untuk menjadi penonton pertama. Apalagi di negara lain, film ini baru rilis 15 Desember (kecuali di LA 9 Desember), artinya penonton Indonesia lebih cepat.

Star Wars adalah salah satu franchise media terbesar, di dalam kategori ini termasuk juga : buku, film, video game, komik, mainan dan seri televisi. Urutan pertama diraih oleh Pokemon yang sejak tahun 1996 telah meraih 55,15 milyar dollar. Star Wars berada di urutan kedua, dalam 40 tahun perjalanannya sejak tahun 1977, mereka meraih 42 milyar dollar. Dan urutan seterusnya adalah :

  • Harry Potter (1997 – $25 milyar)
  • James Bond (1953 – $19,9 milyar)
  • Call of Duty (2003 – $15 milyar)
  • The Simpsons (1989 – $12 milyar)
  • Star Trek (1966 – $10 milyar)

Khusus untuk pendapatan film di bioskop, sampai saat ini Star Wars telah meraih $7,6 milyar. Detailnya bisa dilihat di gambar di bawah.

Pendapatan Star Wars Di Bioskop

Tidak heran, saat George Lucas menjual LucasFilm dan franchise Star Wars di tahun 2012, Disney berani membelinya seharga $4,05 milyar. Agar bisa mendapat untung, Disney dan LucasFilm memproduksi seri ini dengan lebih banyak, termasuk spin-off atau standalone. Film  Rogue One (2016) dan film yang sedang dibuat Solo: A Star Wars Story (2018) termasuk dalam kategori ini. Sudah beredar kabar bahwa film standalone tentang Obi-Wan Kenobi  akan diproduksi. Dan gosipnya, akan dibuat juga film tentang Boba Fett dan Jabba the Hutt.

Untuk seri utama Star Wars, film episode ke 9 akan dibuat dengan arahan sutradara terkenal J.J. Abrams dan kemungkinan rilis 2019. Anda tidak perlu takut bahwa cerita utama Star Wars akan selesai setelah episode 9. Selain film-film diatas, akan muncul trilogi lain yang termasuk seri utama, dipimpin Rian Johnson. Johnson adalah sutradara Star Wars: The Last Jedi dan Disney puas dengan hasil karyanya sehingga mengizinkannya membuat episode 10-12.

Keunggulan Johnson adalah dia termasuk sutradara yang mudah dan enak diajak untuk bekerja sama. Hal ini penting karena membuatnya bisa dekat dengan Presiden LucasFilm Kathleen Kennedy. Kennedy dikenal tegas dan telah memecat beberapa sutradara yang tidak sejalan dengan pikirannya. Tapi karakter Rian Johnson membuatnya disukai Kennedy dan eksekutif LucasFilm lainnya.

Mereka berdua ingin terus bekerja sama, dan Johnson memberi ide untuk membuat trilogi baru, dan ternyata disukai oleh Kennedy. Johnson tidak memberikan ide cerita saat mempresentasikan trilogi ini, hanya berkata bahwa 1 cerita akan dibagi menjadi 3 film. Tapi masih banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi di galaksi maha luas, sehingga semua pihak menyambut berita ini dengan gembira. Berbagai ide muncul dari fans seperti cerita tentang Old Republic, asal mula Jedi dan Sith, atau hal-hal lain yang terjadi sebelum Episode 1. Tapi bisa juga cerita tersebut akan berkisah ke masa depan, yaitu cerita baru setelah Episode 9 selesai.

Rian Johnson juga berkata bahwa dia ingin lebih banyak sutradara baru yang menangani Star Wars. Dia akan menjadi sutradara dan penulis naskah untuk episode 10, tapi belum ada kepastian siapa yang menangani episode 11-12. Banyak sekali pembuat film berkualitas saat ini terutama sutradara wanita dan sutradara yang tidak berkulit putih. 2 sutradara wanita yang paling sering disebut adalah Patty Jenkins (Wonder Woman) dan Ava DuVernay (A Wrinkle in Time). Tahun 2015, J.J. Abrams pernah berkata bahwa dia ingin DuVernay menangani film Star Wars. DuVernay sendiri pernah berkata langsung bahwa dia ingin membuat film Star Wars, tapi tidak ingin membuat film Marvel. Sedangkan sutradara berkulit hitam Ryan Coogler adalah sutradara Black Panther yang juga berada di bawah naungan Disney/Marvel.

Jadi masa depan Star Wars masih jauh dari kata akhir. Banyak sekali hal baru yang akan terjadi : cerita baru, karakter baru, sutradara baru, dan sebagainya. Sebagai pecinta franchise ini, anda masih bisa berharap banyak hal menarik yang akan muncul.