Imbas Dibelinya 21st Century Fox Oleh Disney

Imbas Dibelinya 21st Century Fox Oleh Disney

Imbas Dibelinya 21st Century Fox Oleh Disney

Kemarin terjadi salah satu pembelian dan merger terbesar dalam sejarah perfilman dunia. 21st Century Fox dibeli oleh Walt Disney Co. dengan nilai $52,4 milyar. Rekor terbesar masih dipegang oleh merger AOL – Time Warner sebesar $103,5 milyar pada tahun 2001. Tapi angka ini sudah menunjukkan agresifitas Disney, karena sebelumnya mereka telah membeli :

  • Capital Cities/ABC ($19 milyar tahun 1996)
  • Pixar Animation Studios ($7,4 milyar – 2006)
  • Marvel Entertainment ($4 milyar – 2009)
  • LucasFilm ($4 milyar – 2012)
  • BamTech ($1,58 milyar – 2017)

Lalu apa saja yang didapat oleh Disney dari akuisisi ini? Ternyata daftarnya sangat panjang :

  • Hak cipta karakter Marvel yang sebelumnya pernah dibeli oleh Fox seperti : X-Men, Deadpool dan Fantastic Four. Dua hak cipta sebelumnya dipegang bersama, dan sekarang menjadi milih Disney sepenuhnya yaitu : Scarlet Witch dan Quicksilver. Sisa karakter Marvel yang belum dimiliki oleh Disney adalah : Spider-man dan Venom (dimiliki Sony), Namor (Universal Pictures), dan Man-Thing (Lionsgate).
  • Franchise beberapa film terkenal seperti seri Alien/Predator, Avatar, Home Alone, Die Hard, Planet of Apes, Narnia, The Maze Runner, Kingsman, dll. Juga seri televisi terkenal seperti The Simpsons, The X-Files, Modern Family, dll.
  • Studio film 20th Century Fox milik 21st Century Fox. Dari grup cable ini, sudah termasuk FX Networks, National Geographic dan 300-plus international channels, juga 22 regional sports networks. Masih ditambah lagi dengan 30% saham Fox di Hulu, 50% saham di Endemol Shine Group, the Star India satellite service, dan 39% saham di Euro satellite broadcaster.
  • Setiap pemegang saham 21st Century Fox mendapat saham Disney sebesar 0,2745. Jika ditambah dengan nilai $52,4 milyar di atas, maka berarti nilai total merger ini adalah $66,1 milyar.

 

Kemudian, apa saja yang akan terjadi dari hasil perjanjian ini? Beberapa hal sudah bisa diperkirakan sebelumnya, misalnya : bergabungnya X-Men, Deadpool dan Fantastic Four ke Marvel Cinematic Universe atau MCU. Artinya kelak kita akan melihat mereka bergabung dengan The Avengers. Mungkin untuk Deadpool agak sulit, karena mereka telah mendapat R-Rating untuk dewasa yang berbeda dengan karakter lainnya. Tapi Disney CEO Bob Iger pernah mengatakan bahwa dia ingin terus membuat sekuel Deadpool, dan sekarang impiannya bisa menjadi kenyataan.

Sejak Spider-man masuk The Avengers, seri ini mengalami peningkatan besar. Hal ini bisa terjadi karena Sony mau bekerja sama dengan Disney agar karakter Spider-man bisa digunakan. Bayangkan apa yang terjadi jika gerombolan mutan X-Men dan Fantastic Four ikut bergabung, pasti Avengers akan menjadi lebih menarik. Sebelumnya Disney membantah komentar bahwa faktor utama pembelian ini adalah ingin mengambil X-Men. Tapi kita bisa menyimpulkan bahwa ini juga bukan faktor yang remeh dalam pembuatan keputusan tersebut.

Selain berkaitan dengan MCU, beberapa hak milik film franchise juga dibeli Disney dari Fox. Ini berarti mungkin akan terjadi potensi reboot beberapa film lama. Banyak yang memprediksi bahwa film yang akan dibuat reboot adalah : Alvin & the Chipmunks, Doctor Dolittle, Home Alone, Ice Age, Night at the Museum, dan Percy Jackson. Film-film tersebut dinilai cocok dengan gambaran umum tentang Disney yang dikenal mengutamakan tema untuk keluarga.

Transaksi ini baru terjadi, jadi kita tidak bisa mengetahui langkah apa lagi yang akan dilakukan oleh Disney. Banyak kemungkinan menarik yang bisa terjadi. Tentunya kita hanya bisa berharap bahwa hasilnya akan sukses dan menguntungkan penonton.