Perayaan 10 Tahun Marvel Cinematic Universe

Perayaan 10 Tahun Marvel Cinematic Universe

Perayaan 10 Tahun Marvel Cinematic Universe

Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah kumpulan film buatan Marvel yang saling berkaitan. Sebelumnya Marvel telah banyak membuat film, tapi kali ini mereka membuat dunia / universe yang saling berhubungan. Di dunia ini, semua film yang dikeluarkan mereka saling berkaitan, misalnya ada jagoan utama di sebuah film, dia bisa muncul di film lainnya sebagai pemeran pembantu, dengan karakter yang sama. Sekuel film dari jagoan yang sama, bisa ditambah jagoan lain, sehingga tidak jarang kita bisa melihat puluhan jagoan atau penjahat saling bertempur. Dari film yang dirilis juga banyak hubungan seperti sekuel, prekuel, dan spin-off, sehingga Marvel bisa memperkenalkan satu karakter di sebuah film, lalu membuatnya jadi pemeran utama di film lainnya. Bisa dibilang MCU adalah salah satu universe terbesar di perfilman dunia, dan hanya bisa disaingin oleh DC Extended Universe (DCEU).

Kini MCU merayakan ulang tahun ke 10, dan telah ada 18 film yang telah diproduksi Marvel. Khusus tahun 2018, Marvel membuat gebrakan yang tidak pernah dilakukan sebelumnya, yaitu memproduksi 3 buah film dalam setahun. Black Panther akan dirilis 14 Februari, Avengers: Infinity War dirilis 25 April, dan Ant-Man and the Wasp dirilis 6 Juli 2018. Tanggal resmi ulang tahun MCU adalah saat mereka merilis Iron Man pada 2 Mei 2008. Dari 17 film yang telah dikeluarkan sebelum Black Panther, mereka telah mendapat penghasilan 13,5 milyar dollar di seluruh dunia. Marvel mengelompokkan beberapa fase dalam urutan film tersebut :

  1. Fase 1
  1. Fase 2
  1. Fase 3
  • Captain America: Civil War (2016)
  • Doctor Strange (2016)
  • Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017)
  • Spider-Man: Homecoming (2017)
  • Thor: Ragnarok (2017)
  • Black Panther (2018)
  1. Fase 4
  • Avengers: Infinity War (2018)
  • Ant-Man and the Wasp (2018)
  • Captain Marvel (2019)
  • Avengers 4 (2019)
  • Spider-Man: Homecoming sequel (2019)
  • Guardians of the Galaxy Vol. 3 (2020)

Kita lihat Black Panther merupakan film terakhir yang termasuk fase 3, dan setelahnya semua akan masuk fase 4. Fase 1 adalah saat jagoan mulai diperkenalkan (Avengers Assembled), fase 2 memperkenalkan jagoan baru dan menceritakan Battle of New York. Fase 3 menceritakan akibat dari serangan Ultron ke bumi. Sedangkan belum ada informasi tentang isi fase 4.

Untuk merayakan ulang tahun ini, aktor pemeran superhero di film-film MCU berkumpul untuk difoto. Hadir juga sutradara yang membuat film, serta beberapa tokoh besar yang berjasa seperti Stan Lee yang banyak menciptakan karakter Marvel.

Daftar aktor yang hadir dalam video di atas adalah :

Robert Downey Jr., Chris Evans, Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Scarlett Johansson, Paul Rudd, Benedict Cumberbatch, Chris Pratt, Chadwick Boseman, Brie Larson, Jeremy Renner, Tom Holland, Sean Gunn, Hannah John-Kamen, Zoe Saldana, Angela Bassett, Jon Favreau, Gwyneth Paltrow, Kurt Russell, Danai Gurira, William Hurt, Karen Gillan, Emily VanCamp, Tessa Thompson, Don Cheadle, Dave Bautista, Michael Peña, Anthony Mackie, Evangeline Lilly, Elizabeth Olsen, Paul Bettany, Frank Grillo, Letitia Wright, Laurence Fishburne, Linda Cardellini, Sebastian Stan, Ty Simpkins, Michael Douglas, Michelle Pfeiffer, Hayley Atwell, Pom Klementieff, Benedict Wong, Michael Rooker, Vin Diesel, Cobie Smulders, Samuel L. Jackson, dan Jeff Goldblum.

Mereka adalah aktor-aktor besar, dan familiar karena hadir sebagai jagoan dari Marvel. Don Cheadle  berkata dalam kesempatan langka ini mereka juga saling mengagumi rekannya karena mereka adalah fans satu sama lain. Chris Hemsworth menambahkan bahwa perayaan ini bagaikan Academy Awards saking banyaknya nama terkenal.

Perusahaan mainan Hasbro yang memproduksi boneka superhero Marvel, tidak ketinggalan dalam perayaan ini. Mereka akan merilis boneka baru di International Toy Fair 17-20 Februari di New York. Belum lama ini mereka merilis boneka baru seri Black Panther untuk mempromosikan film baru. Kali ini mereka akan mengeluarkan fitur Captain America vs. Crossbone dari film Captain America: Civil War serta Iron Man dalambaju tempur seri terbaru Mark VII.

Selamat ulang tahun ke 10 MCU, tetaplah menghibur penonton di seluruh dunia!