The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

Sinopsis The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)

Bermula dari akhir film sebelumnya. Film ini berawal ketika Thorin, Gandalf, Bilbo dan yang lainnya berhasil kabur dari Azog di Carrock. Mereka lalu melanjutkan perjalanan ke Mirkwood. Namun Gandalf menyuruh para kurcaci dan Bilbo untuk menginap di rumah Beorn, seorang skin-changer yang sering kali mengambil wujud beruang hitam.

Setelah beberapa waktu tinggal di rumah Beorn, Para pengembara kita lalu melanjutkan perjalanan. Sementara itu Azog menginstruksikan Bolg untuk mengambil alih misinya untuk mengejar Thorin karena dirinya diperlukan di Dol Guldur. Ketika mencapai Mirkwood, Gandalf menemukan kalimat-kalimat sihir hitam. Setelah itu Gandalf meninggalkan teman-temannya, sebelumnya dia telah menyuruh teman-temannya untuk tetap berada di jalan setapak dan menunggunya sebelum masuk ke areal Lonely Mountain.

Tetapi para kurcaci ditangkap oleh para laba-laba dan menggunakan cincin Sauron untuk membunuh laba-laba dengan pedangnya. Bilbo mulai menyadari ada yang aneh tentang cincin itu. Pada saat yang sama para Elf Silvan yang dipimpin oleh Legolas dan Tauriel menangkap mereka atas perintah Thranduil, raja mereka. Bilbo dan teman-temannya melarikan diri menggunakan tong anggur dan bertemu dengan Bolg dan pasukannya. Setelah diserang oleh Bolg, Kili pun terluka.

Thranduil menyadari bahwa kekuatan kegelapan semakin membesar dan menutup akses ke kerajaannya. Tauriel dan Legolas tidak menaati perintah Thranduil dan pergi untuk membantu para kurcaci. Pada saat yang sama Gandalf bersama Radagast menemukan bahwa para Nazgul telah bangkit, dan Sauron semakin kuat. Lalu Thorin dan yang lain bertemu Bard yang merupakan keturunan penguasa Dale dan memiliki panah hitam yang sakti. Kili, Fili, Oin dan Bofur tinggal di kota itu karena Kili terluka.

Lalu Radagast pergi untuk menemui Galadriel dan memberitahukan penemuannya, sementara Gandalf bertarung dengan Azog, lalu Necromancer yang ternyata Sauron pun muncul dan merekapun berduel. Sementara itu Thorin yang sampai di gunung Smaug menyuruh Bilbo untuk mengambil Arkenstone, yang membangunkan Smaug.
Laketown kemudian diserang oleh Bolg dan disusul oleh Legolas dan Tauriel yang mengusir para Orc. Legolas, lalu mengejar Bolg. Sementara itu Bilbo dan lainnya yang sedang diburu Smaug, berusaha membunuh Smaug di emas cair. Tetapi Smaug malah marah dan menyerang Laketown.

Pemain: Ian McKellen, Martin Freeman, Richard Armitage

Trailer The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013)