Saving Private Ryan (1998)

Sinopsis Saving Private Ryan (1998)

Berseting perang dunia II, dua orang kakak beradik tewas dalam penyerangan di Normandi dan yang ketiga tewas melawan Jepang di Nugini . Saudara yang keempat, James Ryan, baru saja diterjunkan dan hilang di perbatasan Perancis. Pemerintah lalu mengirim misi penyelamatan untuk mencari si anak lelaki yang tersisa ini untuk dipulangkan kembali ke keluarganya. Pasukan yang dipimpin Kapten John Miller (Tom Hanks) ditugaskan untuk menyelamatkan ‘Private Ryan’ (Matt Damon)

Kapten John Miller membentuk sebuah tim kecil yang beranggotakan 8 orang, yakni Sergeant Mike Horvath, Private First Class (PFC) Reiben, Private Jackson, Private Mellish, Private Caparzo, Ahli Medis Wade, Upham (penerjemah). Dengan minimnya informasi tentang Ryan, tim “8” ini pun pergi ke Neuville. Namun, tim pun harus kehilangan Private Caparzo yang tertembak oleh sniper Jerman yang bersembunyi di menara sebuah gereja. Kemudian, tim melanjutkan perjalanan dan menemukan seorang perwira yang bernama James Frederick Ryan, yang ternyata salah orang. Dalam perjalanan pun tim diberi tahu untuk menuju Vierville, yang disebut – sebut titik pendaratan pasukan penerjun.

Beruntung, dalam pencarian tersebut tim bertemu dengan seorang prajurit sekelompok dengan Ryan dan ia mengatakan bahwa semua anggota penerjun terpencar, namun mereka memiliki rally point di Ramelle. Tanpa banyak waktu tim pun langsung melanjutkan perjalanan ke Ramelle. Saat perjalanan menuju Ramelle, tim melewati sebuah pertahanan radar yang tidak terpakai milik Jerman. Dalam penyerbuan itu, Irwin Wade, Anggota medis pun tertembak dan tewas.

Pada saat perjalanan menuju Ramelle, tim dihadang sebuah kendaraan taktis milik Jerman. Tim pun berhasil menghancurkan kendaraan tersebut dibantu dengan tim kecil lain yang di dalamnya tergabung PFC Ryan, prajurit yang dicari – cari tersebut. Kemudian Capt. Miller memberitahukan perihal maksud dari misinya, yaitu membawa PFC James Ryan pulang ke AS karena ketiga kakaknya tewas dalam perang. PFC Ryan awalnya menolak untuk pulang dan ingin melanjutkan perang di Ramelle, namun ketika mendengar perkataan Reiben bahwa sudah 2 orang tim nya (Caparzo dan Wade) tewas dalam pencarian dirinya, Ryan pun luluh. Namun, basis tempat pasukan Ryan adalah perbatasan wilayah dan pasukan Jerman akan datang menyerang. Pasukan Capt. John Miller pun ikut turut membantu dan melawan pasukan Jerman yang datang dengan persenjataan lengkapnya. Satu per satu anggota Tim Miller pun tewas dan ketika Tim Miller terdesak dan ingin menghancurkan jembatan yang menghubungkan dengan wilayah lain, muncul kembali prajurit Jerman yang dilepas oleh Capt. Miller pada saat penyerbuan di dekat Ramelle. Pada saat terluka parah, Capt. Miller pun menembaki Tank Tiger hingga muncul P-51 Tank Destroyer. Dan tim pun akhirnya memenangkan pertempuran tersebut.

Pemain: Tom Hanks, Matt Damon, Tom Sizemore

Trailer Saving Private Ryan (1998)