Iris: The Movie (2010)

iristhemovie2010

Sinopsis Iris: The Movie (2010)

Film ini merupakan gabungan dari 20 episode drama Korea berjudul Iris. Meskipun dasar ceritanya sama, terdapat beberapa adegan tambahan dan pengembangan cerita, termasuk di bagian ending nya.
Untuk menghindarkan Perang Korea jilid kedua maka Korsel membentuk sebuah agensi intelijen rahasia National Security Service (NSS) untuk mengamankan Semenanjung Korea. Para agen NSS adalah agen sangat terlatih yang akan menggunakan segala cara demi keamanan nasional negara mereka, termasuk membunuh agen musuh atau siapapun yang menghalangi mereka.
Kim Hyun-jun (Lee Byung-hun) dan Jin Sa-woo (Jung Joon-ho) adalah sahabat karib namun juga juga bersaing. Mereka adalah anggota pasukan khusus Batalyon 707 Angkatan Darat Korsel yang jatuh cinta kepada wanita yang sama, Choi Seung-hee (Kim Tae-hee). Ternyata Seung-hee adalah agen NSS yang lalu merekrut Hyun-jun dan Sa-woo sebagai anggota baru agensi tersebut.
Mereka berhasil membuktikan kehandalan sebagai agen NSS dengan sukses melaksanakan tugas mereka, namun tetap bersaing antara mereka baik dalam tugas maupun upaya merebut hati Seung-hee. Lantaran Hong Seung-ryong, kepala program senjata nuklir Korea Utara yang membelot diincar oleh seorang pembunuh bayaran, Vick (T.O.P) maka Hyun-jun, Sa-woo dan Seung-hee dikirim ke Budapest, Hungaria untuk menyelamatkan Seung-ryong.
Walau misi mereka berhasil dan Seung-ryong dikirim ke Korsel, namun sejak itu sebuah konspirasi besar oleh seorang kriminal yang punya jangkauan luas mulai terkuak. Situasi politik di Korsel makin mencekam sehingga Hyun-jun diberikan tugas secara independen tanpa bantuan siapapun termasuk dari NSS untuk menguak konspirasi tersebut. Ia tidak sadar kalau misinya akan mengubah hidupnya secara drastis.

Pemain: Lee Byung-hun, T.O.P, Jung Joon-ho, Kim Tae-hee