Hollywood Tertarik Untuk Produksi Kimi No Na Wa (Your Name) Versi Live Action

Hollywood Tertarik Untuk Produksi Kimi No Na Wa (Your Name) Versi Live Action

Pada tahun 2016, penggemar film 2D di Jepang digegerkan dengan munculnya film animasi Kimi No Na Wa (Your Name) karya Sutradara Makoto Shinkai  yang meraih sukses domestik serta Internasional. Film ini dipuji oleh kritisi film di seluruh dunia karena aspek animasi yang indah serta dampak emosinya, bahkan web Rotten Tomatoes memberi rating 98% dengan rata2 nilai 8.2/10.

Kimi No Na Wa meraup ¥23 milyar (US $190 juta) hanya di Jepang saja, dan di negara dengan pasar film terbesar kedua dunia yaitu China, mereka meraih US $81,3 juta.  Pendapatan ini adalah terbesar kedua di Jepang setelah anime Spirited Away, dan menjadi urutan ke 4 secara umum setelah Titanic dan Frozen. Anime ini juga memecahkan rekor dengan memuncaki daftar Box Office di Jepang dalam 12 minggu (9 minggu berturut-turut, lalu ditambah 3 minggu lagi). Dengan total pendapatan US $355.2 juta, Kimi No Na Wa menjadi film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah.

Sambutan di luar Jepang juga sangat baik, berbagai media Amerika seperti The New York Times, Boston Globe, The Atlantic, dll memberikan review positif. Bahkan editor Anime News Network, Mike Toole, menganggapnya sebagai Anime terbaik ketiga sepanjang masa.

Saat ini, adaptasi dari Anime Jepang menjadi Live-Action menjadi trend di Hollywood. Paramount Pictures dan Bad Robot memutuskan untuk ikut memproduksi anime ini menjadi Live Action dengan merekrut Sutradara Star Wars: The Force Awakens yaitu J. J. Abrams untuk menangani film ini. Mereka akan bekerja sama dengan mitranya dari Jepang yaitu Toho.co dan juga menggaet produser asli anime ini yaitu Genki Kawamura.

Reaksi fans sebenarnya kurang bagus setelah mendengar berita ini, karena dua film adaptasi yaitu Ghost In The Shell dan Death Note terakhir dinilai kurang baik. Mereka menganggap dua karya yang penuh dengan kerumitan cerita yang menarik tersebut gagal diadaptasi, dan hanya menjadi film blockbuster Hollywood biasa. Tapi mungkin kasus kali ini akan berbeda, karena ini adalah kolaborasi yang layak antara sineas dua negara.

Penulis naskah dan sutradara asli anime Kimi No Na Wa menyambut baik berita ini dan berkata bahwa kerja sama ini akan berisi imajinasi asli dari tim Jepang dan diracik dengan proses pembuatan film ala Hollywood, yang mungkin akan menghasilkan kemungkinan-kemungkinan baru yang tak pernah terpikir sebelumnya.

Nominator Academy Award Eric Heisserer yang menulis film Arrival, akan menjadi scriptwriter Live Action ini. Walau karya Heisserer sebelumnya dinilai biasa saja, semua orang berharap bimbingan dari nama besar seperti Abrams, Shinkai dan Kawamura akan membuatnya bisa menghasilkan naskah yang brilian.