American Made : Tom Cruise bekerja untuk CIA, DEA dan Pablo Escobar

American Made : Tom Cruise bekerja untuk CIA, DEA dan Pablo Escobar

Film terbaru Tom Cruise mengisahkan cerita nyata tentang Barry Seal, seorang pilot yang pecandu adrenalin. Tom Cruise dan pesawat? Tentu kita akan diingatkan kembali dengan film Top Gun yang melejitkan namanya di tahun 1986.

Tapi ternyata tidak, Cruise bukanlah pilot pesawat tempur, melainkan pilot pesawat komersial Trans World Airlines, yang ketahuan menyelundupkan cerutu ke Amerika. Melihat potensinya, CIA merekrut Barry Seal di tahun 1978 untuk memotret pemberontak yang didukung Soviet di Amerika Selatan. Tugas selanjutnya bertambah semakin berbahaya karena melibatkan Jendral Panama yang merupakan informan CIA, kartel narkoba Medellin di Kolombia, dan membuatnya jadi perhatian FBI dan Gedung Putih.

American Made yang baru rilis 29 September lalu ini bersaing di tangga box office dengan film It dan Kingsman: Golden Circle. Walaupun film ini berlatar dari kisah nyata, cerita perang narkoba didalamnya merupakan khayalan dan dibuat lucu. Menurut laporan dari Cinemascore, hanya 9% penonton yang berusia di bawah 25 tahun. Artinya memang sosok Tom Cruise lebih dikenang dan menarik perhatian orang dewasa.

Dalam debutnya, American Made hanya mendapat pemasukan sekitar US $17 juta di akhir minggu, dan merupakan rekor paling rendah bagi film yang dilakoni Tom Cruise, bahkan lebih rendah dari Jack Reacher 2. Tapi produsernya lebih berharap pada pendapatan jangka panjang, karena ratingnya lumayan tinggi di Rotten Tomatoes yaitu 87% dan 73% di IMDB.