The Post, Film Baru Steven Spielberg Yang Penuh Bintang

The Post, Film Baru Steven Spielberg Yang Penuh Bintang

Sudah lama sutradara legendaris Hollywood, Steven Spielberg, tidak membuat film box office. Film terakhirnya yang mendapat pemasukan cukup besar adalah Indiana Jones & The Kingdom of The Crystal Skull (2008). Dua karya terakhirnya adalah film drama politik Bridge of Spies (2015) dan film adaptasi novel anak-anak The BFG (2016). Keduanya tidak bisa dibilang sukses, tapi kepiawaian dan kualitas Spielberg dalam meracik film masih terlihat. Bisa dibilang, pasca Indiana Jones, Spielberg membuat film hanya untuk memuaskan dirinya, daripada mayoritas penonton.

Tapi film baru Spielberg yang baru selesai dibuat ini punya potensi menjadi box office, sekaligus meraih penghargaan Oscar. Sebentar lagi film bergenre drama sejarah The Post, akan dirilis. Film ini berdasarkan kisah nyata, menceritakan tentang usaha beberapa wartawan pemberani dari The New York Times dan The Washington Post. Mereka bekerja sama melawan pemerintah untuk mempublikasikan dokumen yang dijuluki Pentagon Papers, berisi informasi rahasia tentang perang Vietnam.

Ada beberapa faktor yang bisa mendukung prediksi bahwa ini akan menjadi film sukses. Pertama, di film ini bertebaran banyak bintang ternama. Tom Hanks, yang juga menjadi pemeran utama di Bridge of Spies, kembali berkolaborasi dengan Spielberg. Aktris legendaris Meryl Streep, akan menjadi pemeran utama yaitu penerbit wanita pertama di AS Katharine ‘Kay’ Graham. Film ini juga didukung pemain terkenal lain yaitu Alison Brie, Carrie Coon, David Cross, Bruce Greenwood, Tracy Letts, Bob Odenkirk. Serta tampil pula Sarah Paulson, Jesse Plemons, Matthew Rhys, Michael Stuhlbarg, Bradley Whitford dan Zach Woods. Beberapa dari pemain pendukung tersebut pernah dinominasikan di Golden Globe dan Emmy Awards.

Faktor kedua adalah kondisi di film tersebut mirip dengan kondisi saat ini. Pertempuran jurnalis dengan pemerintah ini terasa sama dengan perang antara Presiden Donald Trump dengan media AS. Dengan alasan tersebut, diharapkan banyak yang bersimpati dan menonton film The Post. Faktor ketiga adalah 20th Century Fox sengaja merilis film ini bertepatan dengan minggu Academy Awards atau Piala Oscar. Berdasarkan sejarah, film tentang wartawan pemberani akan disukai pemilih di Piala Oscar. Contohnya : All the President’s Men (1976), Good Night and Good Luck (2005) dan Spotlight (2015).

Apakah prediksi tersebut akan menjadi kenyataan? Kita tunggu saja tanggal mainnya. Film The Post akan dirilis secara terbatas pada tanggal 22 Desember 2017, kemudian untuk umum tanggal 12 Januari 2018.