Margot Robbie Jadi Skater Di “I, Tonya”

Margot Robbie Jadi Skater Di I, Tonya

I, Tonya adalah film yang diambil dari kisah nyata dan akan dirilis pada tanggal 8 Desember 2017, bergenre biografi olahraga sekaligus komedi. Film ini menceritakan salah satu skandal terbesar olahraga di Amerika Serikat yang terjadi pada tahun 1994. Saat itu Tonya Harding dan mantan suaminya Jeff Gilooly, merencanakan penyerangan terhadap rekan setim Olimpiade Nancy Kerrigan. Saat selesai latihan, Kerrigan dipukul di lutut kanan oleh Shane Stant yang disuruh oleh pasangan diatas, dengan tongkat polisi.

Peristiwa ini menjadi perhatian internasional karena terekam CCTV dan disiarkan ke seluruh dunia. Saat itu banyak penduduk AS yang terobsesi untuk mengikuti kelanjutan beritanya. Akibatnya Kerrigan kejatuhan rezeki dan menjadi semakin terkenal, dia mendapat endorsement sejumlah $9.5 juta, dan diberi jatah ikut Olimpiade.

Tapi produser rupanya lebih memilih Tonya Harding sebagai tokoh utama, mungkin karena banyak sisi yang lebih menarik. Sutradara Craig Gillespie dan penulis naskah Steven Rogers memilih aktris Margot Robbie untuk memerankan sosok Tonya Harding. Memang jejak karir Harding lebih bervariasi setelah peristiwa tersebut. Dia sempat menjadi petinju wanita, pembalap mobil dan manager tim gulat.

Margot Robbie tumbuh di Gold Coast Australia, dan disana tidak terdapat lapangan es. Tapi Robbie menyukai olahraga hoki lapangan rumput, dan ketika pindah ke AS baru mencoba hoki di lapangan es. Dia hanya bisa berlari kencang, tapi tidak tahu teknik mengerem atau teknik skating lainnya, dan harus dilatih terlebih dahulu. Penggemar tim NHL New York Rangers ini dilatih oleh Sarah Kawahara, yang ironisnya pernah menjadi koreografer Nancy Kerrigan.

Saat bermain hoki es, tubuhnya dibalut oleh lapisan pelindung sehingga dia tidak takut jatuh. Tapi bermain hoki es dan es skating jauh berbeda, sehingga Robbie harus berlatih 4 bulan. Dalam syuting, mereka harus memakai stunt girl karena Tonya Harding adalah gadis pertama yang bisa melakukan Triple Axe di AS.

Penulis naskah Steven Rogers mewawancarai Tonya Harding dan Jeff Gillooly untuk bahan film ini. Dia ingin memperlihatkan sudut pandang berbeda dalam cerita ini. Bagaimana ceritanya, kita tunggu saja setelah rilis tanggal 8 Desember 2017.

Trailer I, Tonya (2017)