Disney Pilih Liu Yifei Perankan Mulan

Disney Pilih Liu Yifei Perankan Mulan

Setelah sekian lamanya mencari pemeran utama untuk film live-action Mulan, Disney akhirnya menunjuk aktris China Liu Yifei sebagai Mulan. Pencarian ini telah berlangsung selama setahun di seluruh dunia dengan hampir 1000 kandidat yang disaring oleh 5 casting directors. Bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan bisa seni bela diri merupakan syarat utama yang diajukan Disney.

Disney sebelumnya pernah berjanji untuk mencari artis Asia untuk film yang berdasarkan pada animasi berjudul sama di tahun 1998 ini. Hal ini menjadi isu sensitif di Hollywood karena di beberapa film terdapat karakter berdarah Asia yang malah diperankan oleh aktor/aktris berkulit putih. Sebut saja Tilda Swinton sebagai The Ancient One dalam film Doctor Strange, Scarlett Johansson sebagai Major di Ghost in the Shell and Emma Stone sebagai Allison Ng di Aloha.

Liu Yifei yang juga dikenal sebagai Crystal Liu ini fasih berbahasa Inggris karena sempat tinggal selama 4 tahun di New York ketika masih kecil. Dia tidak begitu terkenal di luar China karena jarang bermain dalam film Hollywood. Namun Yifei pernah bermain bersama Jackie Chan di The Forbidden Kingdom dan Nicolas Cage di Outcast. Yifei juga tidak asing dengan seni bela diri karena dia sering menggunakannya dalam film-film yang dibintanginya.

Ming-Na Wen, aktris Amerika berdarah China yang mengisi suara Mulan di film animasi tahun 1998, memberikan dukungannya kepada Liu Yifei. Melalui Twitter dia berkata, “Selamat kepada Liu Yifei, pilihan yang hebat untuk live-action Mulan!”.

Film live-action Mulan akan didasarkan pada film animasi di tahun 1998. Film animasi Mulan tersebut cukup sukses di jamannya. Mulan mendapatkan keuntungan USD 120.6 juta di Amerika dan USD 304.3 juta total di seluruh dunia.

Film ini akan dirilis di tahun 2019 tanpa tanggal pasti. Sebelumnya, Disney sebenarnya akan menayangkan film ini pada tanggal 2 November 2018. Namun kesulitan mencari pemeran Mulan membuat tanggal rilis menjadi mundur.