Sutradara Gambarkan Dune Reboot Bagaikan Film Star Wars Bagi Penonton Dewasa

Sutradara Gambarkan Dune Reboot Bagaikan Film Star Wars Bagi Penonton Dewasa

Sutradara Gambarkan Dune Reboot Bagaikan Film Star Wars Bagi Penonton Dewasa

Satu film yang dinanti penonton adalah reboot film Dune yang akan disutradarai oleh Denis Villeneuve (Blade Runner 2049). Film ini diadaptasi dari novel science fiction berjudul sama karya Frank Herbert yang dirilis tahun 1965. Ada 5 buku yang muncul dari Dune Saga ini, yaitu : Dune Messiah, Children of Dune, God Emperor of Dune, Heretics of Dune, dan Chapterhouse. Seri ini termasuk novel terlaris, dan meraih beberapa penghargaan termasuk Hugo Award (1966), Nebula Award sebagai novel terbaik tahun 1966. Pada tahun 2003, novel Dune dinyatakan sebagai novel science fiction terlaris yang telah laku 12 juta kopi.

Pada tahun 1984, David Lynch menyutradarai film Dune dari adaptasi ini, tapi dikritik penonton dan gagal di pasaran. Disini aktor Kyle MacLachlan berperan sebagai pemeran utama bernama Paul Atreides. Tapi Dune reboot diharapkan tidak gagal seperti film diatas, karena dibuat oleh sutradara sekaliber Villeneuve. Hadir pula Eric Roth yang mendapat piala Oscar lewat film Forrest Gump (1994) menjadi penulis naskah. Legendary Pictures yang membeli hak milik franchise ini berencana membuat versi bioskop dan juga seri televisi. Belum jelas apa rencana mereka, apakah akan membuat beberapa seri film atau membuat Universe seperti MCU dan DCEU. Tapi di tangan Villeneuve dan Roth, kita bisa berharap versi bioskop akan hadir dengan kualitas bagus.

Villeneuve adalah fans berat dari novel ini, dan dia berkata tidak akan ada membuat seperti film versi Lynch dan akan berbasis novel. Dia juga berkata bahwa Dune reboot adalah proyek terbesar dalam hidupnya, dan telah lama tertarik untuk melakukannya. Sebelumnya, beberapa sutradara seperti Peter Berg, Pierre Morel, Ridley Scott dan Alejandro Jodorowsky telah mencoba membuat versi mereka tapi gagal menjadikan film. Novel ini memang sulit untuk dikembangkan menjadi film karena banyaknya karakter serta luasnya cakupan cerita. Villeneuve menyebutnya sebagai Star Wars bagi penonton dewasa.

Perbandingan ini mungkin akan menyakitkan bagi fans dari dua franchise tersebut, tapi masuk akal karena berbasis science fiction dan berlokasi di luar angkasa. Tapi ada pengamat yang menyamakan Dune dengan The Lord of the Rings. Belum ada pengumuman tentang pemeran di film ini, tapi aktris Zoe Saldana telah mengatakan tertarik untuk bermain. Saldana tidak asing dengan film science fiction karena telah bermain sebagai Uhura (Star Trek), Neytiri (Avatar) dan Gamora (Guardians of the Galaxy). Juga belum ada informasi tentang masa mulai produksi dan kapan dirilisnya.