Donnie Yen, Jet Li dan Gong Li Ikut Bintangi Film Mulan

Donnie Yen, Jet Li dan Gong Li Ikut Bintangi Film Mulan

Donnie Yen, Jet Li dan Gong Li Ikut Bintangi Film Mulan

Kabar baru mengatakan bahwa 3 aktor dan aktris top Donnie Yen, Jet Li, dan Gong Li akan bergabung di film Mulan Live-Action. Donnie Yen akan memerankan karakter Komandan Tung, seorang guru atau mentor bagi pahlawan wanita tersebut. Jet Li akan berperan sebagai kaisar Tiongkok dan Gong Li sebagai penyihir wanita yang jahat. Film ini diadaptasi dari karya klasik China yang menceritakan seorang wanita muda menyamar menjadi pria dan menjadi prajurit menggantikan ayahnya yang sakit. Pada tahun 1998, Disney Studio telah memproduksi film animasi Mulan. Semula, film ini dijadwalkan akan rilis pada tanggal 20 Desember 2019, tapi diundur karena produksi belum selesai. Juga karena jadwal tersebut bentrok dengan rilis film buatan Disney lainnya yaitu Star Wars Episode IX. Akhirnya telah ditetapkan jadwal rilis baru menjadi 27 Maret 2020 dan memperingati 22 tahun rilisnya film animasi Mulan.

Donnie Yen adalah aktor bela diri berusia 54 tahun yang lahir di Guangzhou, China, dan sekarang tinggal di Hongkong.  Penonton mengenalnya setelah dia membintangi trilogi film kungfu Ip-Man. Dan namanya semakin berkibar setelah memerankan karakter Chirrut Imwe di film Rogue One: A Star Wars Story (2016). Dalam karirnya, Yen telah bermain di berbagai film bela diri buatan Hongkong. Dia mempunyai ilmu kungfu hebat serta kemampuan sebagai stunt man dan juga koreografer. Banyak penghargaan yang telah diraihnya dalam kategori Best Action Choreography sejak terjun di dunia film dalam usia 20 tahun.

Jet Li sudah lebih dulu terkenal di Hollywood dibandingkan dengan Donnie Yen. Berawal dari Lethal Weapon 4, nama Li makin berkibar di Hollywood dengan film seperti Romeo Must Die, The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor, The Expendables, dan lainnya. Sebelumnya, ia sudah terkenal dalam perfilman Hongkong sebagai aktor yang sering berperan dalam film yang populer disana seperti seri Once Upon a Time in China, Tai-Chi Master dan lainnya.

Gong Li merupakan salah satu aktris wanita paling berpengaruh di China. Film-filmnya seperti The Story of Qui Ju, Farewell My Concubine, dan Curse of the Golden Flower telah menjadikannya sebagai aktris top disana. Gong Li juga sudah pernah berperan dalam film produksi Hollywood seperti Memoirs of a Geisha dan Miami Vice.

Karakter Komandan Tung adalah sebuah tambahan, karena dalam cerita aslinya, guru dari karakter Mulan (Crystal Liu Yi Fei) adalah Dragon Mushu. Berdasarkan kemampuan Yen dan deskripsi karakter, dia seharusnya tidak memiliki masalah dalam memerankan Komandan Tung. Yen adalah seorang seniman bela diri yang luar biasa, dan kasting di sini menjadi jaminan Tung akan mendapatkan beberapa momen menonjol. Banyak orang bertanya-tanya apakah penciptaan Tung bertujuan untuk menambahkan lebih banyak cerita ke Mulan? Tapi penambahan Yen merupakan gerakan yang sangat baik karena menambah keunggulan marketing, yang pasti akan menjadi pasar besar di China dan Hongkong. Karakter penyihir jahat yang diperankan Gong Li pun merupakan karakter baru. Karakter ini akan menjadi penjahat utama menggantikan karakter Shan Yu yang ada di film aslinya.