Lupita Nyong’o Akan Bintangi Remake The Killer Karya John Woo

Lupita Nyong’o Akan Bintangi Remake The Killer Karya John Woo

Lupita Nyong’o Akan Bintangi Remake The Killer Karya John Woo

Lupita Nyong’o akan memerankan pembunuh bayaran dalam remake aksi klasik Hong Kong The Killer (1989) karya sutradara John Woo. John Woo sendiri yang akan menyutradarai film remake tersebut. Pada akhir 80-an dan awal 90-an, tidak ada pembuat film aksi yang lebih berpengaruh di Hong Kong, daripada John Woo. Dimulai dengan A Better Tomorrow (1986), Woo merilis serangkaian film terkenal yang menampilkan gaya khasnya yaitu peluru yang menghadapi kekerasan. Gaya tersebut juga meliputi banyak menggunakan merpati, dan juga adegan dua orang saling menodongkan pistol di wajah satu sama lain. Kemudian banyak orang di Hollywood mulai meniru adegan aksi Woo, meskipun hanya sedikit yang bisa menyamai efek seninya.

Bisa dibilang Woo mencapai puncak seninya di dunia film dengan menyutradari The Killer tahun 1989. Film tersebut dibintangi oleh aktor legendaris Hong Kong Chow Yun-Fat.  Film The Killer menceritakan kisah klasik seorang pembunuh bayaran yang ingin melakukan satu pekerjaan terakhir dan meninggalkan kehidupan selamanya. Kemudian dia dihubungi oleh produser dari Hollywood untuk mengarahkan beberapa film. Beberapa aktor terkenal bekerja sama dengannya, antara lain Jean-Claude Van Damme (Hard Target) dan Christian Slater (Broken Arrow). Tapi akhirnya Woo berhasil menciptakan beberapa film Hollywood yang mengesankan. Contohnya film thriller yang dibintangi Nicolas Cage dan John Travolta yaitu Face / Off (1997), diikuti oleh Mission: Impossible II (2000).

Nama besar Woo tidak terdengar lagi dalam beberapa tahun terakhir. Tapi tampaknya dia akan memulai comeback dengan film ini yang merupakan sebuah proyek dari Universal Studio. Aktris Lupita Nyong’o akan memerankan pembunuh tersebut, yang aslinya dimainkan oleh Chow Yun-Fat. Draft naskah ditulis oleh duet Josh Campbell and Matt Stuecken (10 Cloverfield Lane), kemudian dikembangkan oleh Eran Creevy (Collide). Kabarnya Brian Helgeland (Man On Fire) juga akan membantu menulis naskah film ini.

Untuk Nyong’o, The Killer menandai tonggak lain dalam usahanya meningkatkan status dari aktris pendukung ternama menjadi bintang aksi tulen. Aktris ini pertama kali menjadi terkenal dalam film drama 12 Years A Slave (2013), yang membuat dia memenangkan penghargaan Oscar sebagai  pemeran pembantu wanita terbaik. Kemudian dia melakukan lompatan ke film-film franchise dengan peran yang menarik perhatian. Nyong’o bermain sebagai teman lama misterius Han Solo, Maz Kanata di Star Wars: The Force Awakens (2015) dan Star Wars: The Last Jedi (2017). Dan tentu saja, tahun ini dia membintangi film blockbuster Black Panther sebagai Nakia.

Sebelumnya di tahun 2011, Woo bermaksud memproduksi sendiri remake film ini, tapi gagal. Saat itu dia telah menentukan John H. Lee (A Moment To Remember) sebagai sutradara dan Josh Campbell (assistant editor di film Blade II dan Van Helsing) sebagai penulis naskah. Karakter pembunuh bayaran akan dimainkan oleh aktor asal Korea yaitu Jung Woo-sung. Tidak jelas apakah yang menyebabkan kegagalan proyek tersebut. Tapi kini dengan dukungan besar dari Universal, John Woo kemungkinan besar bisa menyelesaikan impiannya. Tapi belum ada jadwal rilis film remake The Killer.