3 Idiots (2009)

Sinopsis 3 Idiots (2009)

Dalam perjalanan mencari Rancho, Farhan mengingat saat-saat yang pernah dilewatinya di Imperial College of Engineering (ICE), sebuah kampus teknik ternama di India. Farhan dulunya bersekolah di ICE hanya untuk memenuhi keinginan orang tuanya, karena dalam hati kecilnya dia ingin menjadi seorang fotografer. Di ICE, semua mahasiswanya tinggal di asrama kampus. Di asrama itulah Farhan berkenalan dengan Raju dan Rancho, dua orang yang kala itu menjadi teman sekamarnya. Raju adalah seorang anak dari keluarga miskin, yang ayahnya adalah tukang pos namun berhenti karena stroke, ibunya pensiunan guru dan sakit-sakitan, dan kakak perempuannya belum juga menikah. Raju begitu diharapkan untuk mengentaskan kemiskinan keluarganya, sehingga dia akhirnya menjadi kurang percaya diri. Sementara Rancho adalah seorang anak yang jenius, kritis, dan memiliki pola pikir yang unik. Rancho memiliki sebuah mantra ajaib yang akan sering anda dengar di film ini: “AAL IZZ WELL”.

Bersama dengan Raju dan Rancho, Farhan melewati tahun-tahunnya di ICE dengan segala suka dukanya. Sifat kritis Rancho terhadap sistem pendidikan seringkali membawa mereka dalam masalah. Masalah dengan Chatur yang terobsesi menjadi nomor 1 dalam prestasi akademis, namun selalu dapat dikalahkan oleh Rancho; masalah dengan Rektor ICE, Viru Sahastrabhudde – atau mahasiswa menyebutnya dengan panggilan Virus – yang keras kepala dan selalu ingin menang; juga masalah dengan kedua orang tua Farhan dan Raju. Kendati demikian, berbagai permasalahan yang mereka temui menjadikan mereka lebih bijak dalam menghadapi hidup, juga membuat mereka menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. Namun sayang, setelah lulus dari ICE, Rancho memilih untuk pergi tanpa berpamitan pada siapapun. Hal ini tentu membuat Farhan dan Raju merasa sangat kehilangan.

Satu hari pencarian Rancho merupakan hari yang tak terlupakan bagi Raju dan Farhan. Diawali dengan Farhan yang membuat sebuah pesawat mendarat darurat, dan Raju yang karena terburu-buru jadi lupa mengenakan celana, apa yang mereka lalui hari itu benar-benar di luar dugaan. Bertemu dengan pria misterius yang hampir saja membunuh mereka, nyaris membuang abu jenazah seseorang ke dalam toilet, menggagalkan upacara pernikahan, semua mereka jalani demi menemukan Rancho. Dengan semua pengorbanan itu, apakah akhirnya Farhan dan Raju berhasil menemukan Rancho?

Cast: Aamir Khan, Madhavan, Mona Singh, Kareena Kapoor