Official Secrets (2019)

Sinopsis Official Secrets (2019)

Katharine Gun (Keira Knightley), seorang ahli bahasa dan analis di Government Communications Headquarters (GCHQ), hidup rutinnya terguncang saat menemukan memo berisi informasi rahasia. Memo tersebut mencakup detail misi penyadapan yang akan dilakukan Britania Raya dan Amerika Serikat terhadap beberapa anggota PBB, dengan tujuan untuk mengetahui rahasia dari negara-negara yang belum mendukung invasi AS ke Irak.

Bertindak berdasarkan nurani dan keinginannya untuk kebenaran, Katharine membocorkan memo rahasia GCHQ kepada aktivis anti-perang, Yvonne Ridley (Hattie Morahan). Memo tersebut kemudian jatuh ke tangan jurnalis Martin Bright (Matt Smith), yang mengambil langkah berani untuk memulai investigasi besar-besaran.

Untuk mendalami isu tersebut, Martin menghubungi koresponden The Observer di Washington DC, Ed Vulliamy (Rhys Ifans), dan meminta bantuannya untuk mewawancarai pembuat memo tersebut. Setelah dua bulan investigasi intensif, berita tentang memo rahasia ini berhasil diterbitkan oleh The Observer.

Namun, kebenaran memo ini dipertanyakan oleh beberapa pihak, termasuk situs berita The Drudge Report. Situasi semakin memburuk ketika GCHQ memulai penyelidikan internal terkait kebocoran informasi. Dalam posisi yang berbahaya, Katharine berisiko kehilangan pekerjaannya dan berhadapan dengan konsekuensi hukum.

Pemain: Keira Knightley, Matt Smith, Matthew Goode

Trailer Official Secrets (2019)