Gravity (2013)

Sinopsis Gravity (2013)

Film yang diputar pada 2013 di Indonesia ini menarik perhatian banyak penikmat film karena rating IMDb yang besar. Sangat menarik dengan trailer yang terlihat luar biasa dan sangat menarik pencinta film science fiction di Indonesia.

Berset dalam misi ulang alik fiktif STS-157 untuk mereparasi Teleskop Hubble, film ini menghadirkan drama yang modern dan hi-tech menggunakan berbagai konflik yang terus menerus menghajar Dr. Ryan Stone, seorang medical engineer yang diperankan oleh Sandra Bullock dan astronot yang akan pensiun Matt Kowalsky yang diperankan oleh George Clooney.

Berawal dari diutusnya Dr. Ryan Stone seorang astronot pemula dan ahli biomedis pada sebuah misi bersama astronot senior Matt Kowalsky. Bagi Ryan spacewalk ini adalah yang pertama namun bagi Matt, inilah spacewalk terakhirnya. Mereka dikirim untuk memperbaiki Hubble dengan menggunakan pesawat ulang alik explorer. Tiba-tiba mission control di Houston memberikan alert bahwa serpihan uji anti-satelit dari Rusia mendekati mereka dan merusak explorer. Beberapa rekan Ryan dan Matt pun terbunuh, meninggalkan mereka berdua saja. Ryan sempat kehilangan kestabilan dan terancam hilang di luar angkasa dan mati kekurangan oksigen. Hingga Matt menyelamatkannya. Mereka berdua berusaha mencapai International Space Station dengan propeller bentuk ransel mereka. Mereka kembali diterpa badai sampah angkasa dan Matt meminta Ryan melepaskan dirinya demi keselamatan Ryan sendiri.

Ryan lalu melakukan segalanya sendiri, dengan menggunakan modul Soyuz, Ryan berusaha menyelamatkan diri, namun kerusakan membuat Soyuz tidak bisa mengantar Ryan kembali ke bumi. Terjebak karena bahan bakar habis Ryan ingin mengakhiri hidupnya dengan membuang oksigennya, dalam usaha bunuh dirinya Ryan mengalami halusinasi bertemu Matt yang menyarankan Ryan untuk pergi ke stasiun luar angkasa milik Cina, TIangong. Ryanpun bangkit, dan sempat merasa kesulitan karena perbedaan bahasa dalam control panel yang digunakannya, tetapi dengan menggunakan buku panduan Ryan berhasil mengatasi masalah itu.

Sesampainya di Tiangong, Ryan diterpa lagi dengan badai sampah satelit dan TIangong mulai terbakar karena orbitnya bergeser akibat benturan. Ryan berusaha pergi menuju Shenzou kapsul Soyuz ala Cina, dan berhasil. Shenzou berhasil mendarat di sebuah danau, Ryanpun selamat.

Pemain: Sandra Bullock, George Clooney, Ed Harris

Trailer Gravity (2013)

Simpel tetapi tidak juga. Film yang diputar pada 2013 di Indonesia ini menarik perhatian banyak penikmat film karena rating IMDb yang besar. Sangat menarik dengan trailer yang terlihat luar biasa dan sangat menarik pencinta film science fiction di Indonesia. Alfonso Cuaron, direktur dari film ini, berhasil menghasilkan berbagai macam award untuk film drama thriller luar angkasa.

Setelah menonton film ini beberapa penikmat film agak kecewa. Alurnya membosankan dan konfliknya tidak se-thriller yang mereka bayangkan. Sementara penikmat film lainnya menganggap bahwa film ini sangat brilian dan patut ditonton. Begitulah film ini dalam pandangan orang Indonesia, agak segmented dan tidak bisa dimengerti semua orang. Sementara itu dalam kancah internasional film ini mendapatkan kritik positif atas teknik 3D yang luar biasa dan bahkan sempat dibanding-bandingkan dengan teknik yang digunakan James Cameron. Bahkan James Cameron sendiri memuji film ini sebagai film yang menggunakan fotografi luar angkasa yang terbaik dan film seperti inilah yang dia sendiri tidak sabar untuk menontonnya.

Kekuatan film ini berada pada teknik visual dan peletakan drama yang sangat pas sehingga tidak mengganggu momen menegangkan dalam film ini. Sejauh ini film inilah yang pertama kali meng-close up luar angkasa secara detil dan menunjukkan masalah-masalah yang rasional dan mungkin terjadi pada dunia nyata. Ide film ini sangat original dan tidak dilebih-lebihkan, sangat dianjurkan untuk menonton.