Nowela Jawara Indonesian Idol 2014

Nowela Pemenang Indonesian Idol 2014

Indonesian Idol 2014 telah sampai kepada babak penentuan juara. Acara Result & Reunion Indonesian Idol malam ini tanggal 24 Mei 2014 juga akan menampilkan 11 finalis lainnya yang sebelumnya sudah tereliminasi.

Acara ini dimulai dengan 11 finalis Indonesian Idol menyanyikan lagu secara medley. Dimulai dari Eza menyanyikan lagu “Underneath Your Clothes” (Shakira), Ryan dengan “Macarena” (Mario Bischin), Dewi dengan “Heart Attack” (Demi Lovato), Miranti dengan “High and Dry” (Radiohead), Yunita dengan “It Must Have Been Love” (Roxette), Sarah dengan “Honeymoon Avenue” (Ariana Grande), Windy dengan “Burn” (Ellie Goulding), Gio dengan “Sandiwara Cinta” (Repvblik), Ubay dengan “Pupus” (Dewa19), Yuka dengan “Happy” (Pharrell), Virzha dengan “Satu Jam Saja” (Zaskia Gotik).

Iwa K. muncul sebagai bintang tamu pertama dengan menyanyikan lagu “Malam Ini Indah” yang dinyanyikan bersama ke-11 finalis yang ada. Setelah itu muncul grand finalis Indonesian Idol 2014, Nowela dan Husein, yang bergabung bersama yang lainnya dan membawakan lagu “Feel This Moment” yang dipopulerkan Pittbull dan Christina Aguilera.

Malam ini, para penonton terus menerus dihibur dengan kualitas suara kedua grand finalis secara bergantian. Nowela membawakan lagu “Respect” dari Aretha Franklin dan Husein menyanyikan lagu “Bayang Semu” dari band Ungu. Keduanya sama-sama mendapatkan komentar positif dari para juri terhibur dengan lagu-lagu tersebut. Ketika para juri ditanya oleh Daniel, siapa yang berhak menjadi pemenang Indonesian Idol 2014 berdasarkan penampilan pertama Nowela dan Husein, ternyata kedudukan masih seimbang. Anang dan Ahmad Dhani memilih Nowela sedangkan Tantri dan Titi DJ memilih Husein.

Penampilan berikutnya datang dari salah satu juri Indonesian Idol 2014 yaitu Tantri beserta bandnya, Kotak, yang menyanyikan lagu “I Love You”. Tantri kemudian bernostalgia bagaimana dia bertemu Nowela di bus audition di Purwokerto dan memberikan silver ticket kepadanya yang menjadi awal dari perjalanan Nowela sampai ke grand final Indonesian Idol 2014. Untuk mengenang kembali perjalanannya di awal Indonesian Idol, Nowela menyanyikan lagu “Mercy” dari Duffy yang pernah dibawakannya di audisi di Bandung.

Kedua juri yang disebut Daniel sebagai “duet kontroversial”, Anang Hermansyah dan Ahmad Dhani seakan tidak mau kalah dari Tantri. Mereka tampil di panggung membawakan lagu “Pupus” bersama Virzha. Ternyata lagu ini dibawakan secara dadakan. Seharusnya Anang dan Dhani berduet menyanyikan lagu “Woman” dari John Lennon. Dhani bercanda bahwa Anang tidak terlalu bagus berbicara dalam bahasa Inggris sehingga mereka batal membawakan lagu tersebut. Husein kembali ke panggung dan bernostalgia bagaimana dia sampai ke babak grand final. Dia diminta Daniel untuk menyanyikan lagu “Smoke on the Water” dari Deep Purple yang dinyanyikannya ketika audisi.

Nowela kembali menghibur penonton dengan lagu populer dari R. Kelly yang juga merupakan soundtrack dari film “Space Jam” yaitu “I Believe I Can Fly”. Husein membawakan lagu “Dealova” yang dipopulerkan Once yang merupakan soundtrack dari film yang berjudul sama. Setelah penampilan solo terakhir dari kedua grand finalis, Anang dan Tantri memilih abstain sedangkan Titi DJ memilih Nowela dan Ahmad Dhani memutuskan untuk mendukung Husein.

Sambil menunggu live voting ditutup, penonton dihibur oleh beberapa mantan peserta audisi yaitu Ari Arianto yang menyanyikan lagu “Grenade”, Amirul dengan “Menjaring Matahari” dan Pudjiono dengan lagu “Manisnya Negeriku”. Daniel juga ikut unjuk gigi dengan menjadi rapper dan berkolaborasi dengan Husein dan Nowela membawakan lagu berjudul “Juara”.

Setelah live voting ditutup, akhirnya sampailah acara Indonesian Idol pada puncaknya. Berdasarkan voting dari berbagai media, Nowela ditetapkan sebagai pemenang Indonesian Idol 2014. Nowela berhasil mengalahkan Husein yang menjadi kuda hitam di Indonesian Idol yang telah memasuki musim kedelapan ini.

Selamat, Nowela!