Marmut Merah Jambu (2014)

Sinopsis Marmut Merah Jambu (2014)

Inilah yang dialami Dika (Raditya Dika). Kali pertama, ia jatuh cinta pada Ina (Anjani Dina). Suatu hari, ia dikirimi undangan pernikahan Ina. Sehari sebelum Ina menikah, Dika bertamu ke rumah Ina. Ia membawa seribu origami burung bangau di tangan kanan dan undangan pernikahan Ina di tangan kiri. Kedatangan Dika disambut Bapak Ina (Tio Pakusadewo).

Bapak Ina curiga ada “cinta lama yang belum selesai” di antara Dika-Ina. Jangan-jangan Dika datang untuk menggagalkan pernikahan putrinya. Agar tak diusir, Dika bercerita kenapa datang dengan seribu origami. Lalu terjadilah kilas balik. Semasa SMA, Dika remaja (Christoffer Nelwan) bersahabat dengan Bertus (Julian Liberty). Pada masa ini, Dika diam-diam menyimpan cinta kepada Ina. Bertus pun punya gebetan sendiri. Keduanya sadar, untuk mendapatkan cewek mereka harus populer.

Karenanya, Dika dan Bertus bikin grup detektif bersama Cindy (Sonya Pandarmawan). Bertiga, mereka mengusut kasus-kasus absurd di sekolah. Debut trio detektif ini dimulai dengan penyelidikan hilangnya bola basket guru olahraga sampai misteri surat ancaman terhadap ketua OSIS. Makin banyak kasus yang mereka selesaikan, makin dekat Dika dengan tujuan akhir: jadian sama Ina.

Rintangan lain, Dika dihadapkan pada pilihan sulit: menjaga persahabatan dengan Bertus dan Cindy atau memilih kisah cintanya dengan Ina. Selain itu, Dika dituntut harus lebih populer ketimbang cowok gebetan Ina, Michael (Axel Matthew Thomas), yang berambut wangi dan vegetarian. Semakin Dika bercerita tentang masa lalu, semakin Bapak Ina tertarik untuk mendengarkan.

Hubungan Dika dan Bapak Ina perlahan cair. Saat itulah, Dika sadar ada yang belum tuntas dari masa lalunya. Dika lantas bertanya kepada diri sendiri, “Benarkah cinta pertama tidak akan ke mana-mana?”

Pemain: Raditya Dika, Franda, Sonya Pandarmawan

Trailer Marmut Merah Jambu (2014)