Godzilla Dan King Kong, Dua Jagoan Utama Monsterverse

Godzilla Dan King Kong, Dua Jagoan Utama Monsterverse

Godzilla Dan King Kong, Dua Jagoan Utama Monsterverse

Saat ini ada dua “shared movie universe” yang paling terkenal yaitu Marvel Cinematic Universe (MCU) dan DC Extended Universe (DCEU). Shared movie universe adalah beberapa film terkenal dalam naungan satu payung yang digabung sehingga para jagoan menjadi 1 tim. Jagoan dari Marvel tergabung dalam The Avengers, sedangkan jagoan DC masuk Justice League. Beberapa film yang jagoannya belum bergabung juga mungkin akan bisa bertemu di masa mendatang jika sudah masuk universe. Contohnya Deadpool mungkin akan bertemu dengan The Avengers setelah hak miliknya dibeli Disney. Singkatnya, kemungkinan film cross over bisa terjadi jika masih dalam satu waktu dan dunia yang sama.

Bergabungnya para jagoan menjadi satu tim membuat penonton lebih tertarik dan mendongkrak penghasilan. Oleh karenanya, ide shared movie universe tersebut juga ditiru oleh beberapa perusahaan besar. Kemarin kita telah membahas tentang Paramount dan Hasbro yang ingin membuat Hasbro Cinematic Universe. Jagoan dari G.I. Joe, Micronauts, Visionaries: Knights of the Magical Light, M.A.S.K., dan ROM The Spaceknight akan masuk HCU. Selain itu ada juga Monsterverse yang dibangun oleh Warner Bros, Legendary Entertainment dan Toho.

Saat ini Monsterverse terdiri dari Godzilla dan King Kong. Dulu sempat beredar kabar bahwa seri Pacific Rim juga akan bergabung, tapi akhirnya dibantah. Sudah ada 2 film dari Monsterverse yang telah rilis, dan 2 lagi akan datang, mereka adalah :

  1. Godzilla (2014)
  2. Kong: Skull Island (2017)
  3. Godzilla: King of the Monsters (2019)
  4. Godzilla vs. Kong (2020)

Dua film pertama adalah reboot dari franchise film klasik Godzilla dan King Kong. Toho telah membuat 30 film tentang Godzilla dari tahun 1954 hingga 2017. Sedangkan film King Kong yang telah beredar ada 7 sejak tahun 1933 hingga 2005. Godzilla: King of the Monsters akan disutradarai oleh Michael Dougherty dan rilis pada tanggal 22 Maret 2019. Sedangkan Godzilla vs. Kong disutradarai oleh Adam Wingard dan rilis pada tanggal 22 Mei 2020.

Aktris terkenal asal China yaitu Zhang ZiYi akan membintangi dua film tersebut. Belum jelas apa perannya dalam kedua film tersebut. Tapi ada dugaan dia akan mendapat porsi cukup besar di organisasi rahasia Monarch yang juga muncul di 2 film pertama. Selain Zhang ZiYi, hanya Van Marten yang akan bermain di kedua film tersebut, dan sisanya belum dikonfirmasi. Millie Bobby Brown, Sally Hawkins, Vera Farmiga dan Kyle Chandler juga akan bermain di King of the Monsters.

Proses pembuatan film King of the Monsters telah selesai dilakukan di Atlanta, dan tinggal proses editing. Sebentar lagi Godzilla vs. Kong juga akan mulai proses di kota yang sama. Michael Dougherty dan Adam Wingard adalah sutradara horor indie yang ditunjuk oleh Warner Bros. Wingard berjanji bahwa filmnya akan sangat ‘tegang dan gelap’. Dan di film Godzilla vs. Kong, akhirnya akan muncul pemenang yang terkuat di antara kedua monster raksasa tersebut.