Cloverfield 3, Salah Satu Film Horor Yang Dinanti Di Tahun 2018

Cloverfield 3, Salah Satu Film Horor Yang Dinanti Di Tahun 2018

Cloverfield 3, Salah Satu Film Horor Yang Dinanti Di Tahun 2018

Pada tahun 2008, J.J. Abrams dan rumah produksinya Bad Robot Production, membuat film horor monster berjudul Cloverfield. Film beranggaran $25 juta tersebut mendapat kritik bagus dan pemasukan lumayan sebesar $170,8  juta. Cloverfield disutradarai oleh Matt Reeves (seri Planet of the Apes) dan naskahnya ditulis oleh Drew Goddard (The Martian). Penonton yang berharap menikmati sekuelnya harus menunggu lama, hingga akhirnya  tahun lalu mereka mendapat kejutan.

J.J. Abrams menerapkan strategi “mysterius box”yang mengejutkan penonton karena tidak memberi tanda promosi apa-apa. Tidak ada yang tahu bahwa film berjudul 10 Cloverfield Lane adalah franchise seri ini, hingga trailernya dirilis 2 bulan sebelum film diputar. Film ini disutradarai oleh Dan Trachtenberg dan penulis naskah Josh Campbell, Matthew Stucken serta Damien Chazelle. Pemasukan film ini lebih kecil, hanya $110,2 juta, tapi penonton dan kritikus tetap menyukainya.

Akhirnnya Paramount Pictures sebagai distributor, mengumumkan akan mengeluarkann satu film franchise ini per tahun. Tahun lalu, 10 Cloverfield Lane berjudul asli The Cellar, dan baru berganti judul saat trailer dirilis. Penonton pun antusias dan mulai mencari film mana yang dimaksud tahun ini, agar mereka tidak tertipu strategi Abrams lagi. Tak terasa, nama Cloverfield akhirnya menjadi sebuah brand, dan mungkin akan menjadi sebuah universe dengan skala besar.

Satu film yang paling dicurigai berjudul God Particle, yang akhirnya dikonfirmasi benar merupakan film ketiga Cloverfield. Bahkan fans menemukan sebuah petunjuk baru bahwa film ini akan diberi judul resmi Cloverfield Station. Petunjuk ini didapat dari Ray Xu, seorang teknisi lampu, yang menulis nama tersebut di kredit Linkedin nya. Jika dicocokkan dengan plot tentang stasiun ruang angkasa, tanggal pembuatan dan produksi, nama tersebut sama dengan film God Particle, sehingga gosip tersebut semakin besar. Belum ada konfirmasi tentang berita mengenai judul resmi ini.

Cloverfield 3 disutradarai oleh Julius Onah yang membuat film The Girl Is in Trouble (2015). Sedangkan naskahnya ditulis oleh Oren Uziel yang baru debut menjadi sutradara di film Shimmer Lake (2017) serta Doug Jung (Star Trek Beyond). Uziel mengatakan naskah Cloverfield 3 ditulis sebelum 10 Cloverfield Lane dan rencana Clover Universe dimulai. Paramount menerima naskah tersebut dengan syarat isinya sedikit diperbaiki agar cocok dengan Cloververse.

Film horor menikmati kesuksesan di tahun 2017 dengan film seperti IT, Get Out, Split, Alien: Covenant dll disukai penonton.  Mungkin di tahun 2018 tren tersebut masih akan terus berlanjut. Menurut survey yang dilakukan oleh aplikasi tiket Fandango, Cloverfield 3 berada di urutan pertama sebagai film horor yang paling dinanti tahun 2018. Urutan selanjutnya adalah Halloween, The Purge: The Island, Insidious: The Last Key, dan A Quite Place.

Cloverfield 3 berkisah tentang astronot yang harus berjuang untuk hidup saat menghadapi ancaman misterius di luar angkasa. Film ini akan diisi aktor dan aktris seperti David Oyelowo, Gugu Mbatha-Raw, Elizbaeth Debicki, Daniel Brühl, Chris O’Dowd, Zhang ZiYi, John Ortiz, dan Aksel Hennie. Film yang jadwal rilisnya terus menerus diundur ini akhirnya akan dirilis tanggal 20 April 2018.