Proyek Film Batgirl Masih Cari Sutradara

Proyek Film Batgirl Masih Cari Sutradara

Setelah Josh Whedon mengundurkan diri dari film Batgirl, Warner Bros dan DC Films masih mencari sutradara baru. Keputusan Whedon bulan Februari 2018 kemarin cukup mengejutkan dan membuat proyek ini tertunda lagi. Pengunduran diri ini terjadi berdasarkan berbagai faktor. Pertama, Walter Hamada dipilih menjadi Presiden DC Films setelah hasil mengecewakan Justice League (2017). Pemilihan ini menyebabkan terjadi bentrokan dengan Whedon. Penyebab kedua menurut pengakuan Whedon adalah dia tidak berhasil membuat cerita untuk film Batgirl, setelah setahun bekerja. Penyebab ketiga adalah mantan istri Whedon mengungkapkan berbagai kontroversi selama pernikahan mereka. Ketiga hal ini membuat tekanan pada diri Whedon sehingga dia memilih untuk mengundurkan diri.

Fans masih menanti film ini dan untungnya WB tidak mengabaikan proyek ini. Beberapa sutradara dan penulis naskah mengutarakan keinginan mereka untuk direkrut. Sutradara asal Denmark, Nicolas Winding Refn (The Neon Demon), tertarik untuk mengarahkan film ini, tapi tidak ditanggapi oleh WB. Banyak pihak ingin film ini disutradarai oleh wanita, mengingat Batgirl adalah film superhero kedua DCEU yang memiliki pemeran utama wanita. Hal ini tentu berkaitan dengan kesuksesan Wonder Woman (2017) yang disutradarai oleh Patty Jenkins. Sedangkan untuk posisi penulis naskah, penulis komik Gail Simone dan Roxane Gay telah mengumumkan ketertarikan mereka.

Akhirnya WB dan DC Films merekrut Christina Hodson (Bumblebee) untuk menangani naskah Batgirl. Sebenarnya Hodson dipilih untuk membuat cerita Bird Of Prey. Tugas utama Hodson adalah memasukkan karakter Harley Quinn dan mempersiapkannya sebelum membuat film solo Gotham City Sirens. Kebetulan di film ini juga ada karakter Batgirl, dan sepertinya WB puas dengan hasilnya sehingga Hodson direkrut lagi. Untuk posisi karakter Barbara Gordon /Batgirl, belum ada aktris yang dipilih, tapi banyak yang tertarik.  Alicia Silverstone yang berperan sebagai Batgirl di film Batman & Robin (1997), mengatakan bahwa dia bersedia untuk dipilih. Aktris lainnya yang tertarik antara lain Priyanka Chopra, Kate Davies-Speak, Lindsey Morgan dan Alycia Debnam-Carey.

Sebenarnya nama Batgirl pertama kali ditujukan untuk Betty Kane pada tahun 1961, tapi kemudian diganti oleh Barbara Gordon tahun 1967. Barbara Gordon adalah putri dari komisioner polisi Gotham City yaitu James Gordon. Karakter ini muncul pertama kali di Detective Comics #359 bulan Januari 1967 dan diciptakan oleh Gardner Fox serta artis Carmine Infantino. Semoga WB dan DC Films bisa segera menentukan sutradara dan pemeran Batgirl sehingga kita bisa mendapat jadwal rilis lebih cepat.