Sang Penari (2011)

Sinopsis Sang Penari (2011)

Sang Penari menceritakan kisah cinta Rasus dan Srintil dengan latar belakang Indonesia di tahun 1960-an. Film ini merupakan adaptasi dari novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk yang ditulis Ahmad Tohari di tahun 1982.
Diceritakan Srintil mempunyai kemampuan menari yang sangat magis sehingga para tetua dukuh percaya bahwa dia adalah titisan ronggeng. Srintil sadar dengan kemampuan menarinya itu, dia sudah menjadi milik semua warga Dukuh Paruk.
Kenyataan tersebut membuat Rasus dililit dilema, dan merasa cintanya telah dirampas. Dalam kondisi putus asa, Rasus lantas meninggalkan dukuh untuk menjadi tentara. Tahun berganti, hingga suatu hari Rasus dihadapkan pada dua pilihan yaitu loyalitas kepada negara atau Srintil. Pada saat bersamaan itu juga Rasus kehilangan jejak sang kekasih.

Sang Penari merupakan salah satu film Indonesia terbaik di tahun 2011. Film ini mendapatkan 10 nominasi di Festival Film Indonesia 2011 dan berhasil memenangkan 4 piala Citra untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik.

Cast: Prisia Nasution, Oka Antara, Slamet Rahardjo