Film Animasi Encanto Kuasai Daftar Box Office Periode Liburan Thanksgiving Di Amerika

Encanto yang merupakan film animasi terbaru dari Disney, telah menguasai Box Office Chart di Amerika selama periode liburan Thanksgiving akhir minggu lalu. Encanto yang baru tayang di minggu perdananya, harus bersaing ketat dengan film Ghostbusters: Afterlife yang memasuki minggu kedua. Dengan pendapatan kotor sebesar 27 juta USD, Encanto berhasil duduk di peringkat pertama di daftar ini. Film ini juga cukup sukses di pasaran internasional dan berhasil mengumpulkan total 40,3 juta USD dari seluruh dunia.

Film Ghostbusters: Afterlife harus turun dari peringkat pertama minggu lalu dan mencatatkan keuntungan sebesar 24,5 juta USD minggu ini. Dari seluruh dunia, film ini telah menghasilkan pendapatan kotor sebesar 87,8 juta USD selama 2 minggu. Di peringkat 3 daftar box office minggu ini ada House of Gucci yang juga baru tayang, dengan pendapatan sebesar 14,2 juta USD. Film lain yang juga baru tayang perdana akhir minggu lalu, Resident Evil: Welcome to Raccoon City, ada di peringkat 5 dengan hanya mengantongi 5,3 juta USD saja untuk wilayah Amerika.

Meskipun berhasil menguasai daftar box office minggu ini, pendapatan Encanto ternyata lebih kecil daripada yang diharapkan. Encanto menjadi salah satu film animasi keluarga yang mendapatkan pendapatan terendah di minggu debutnya. Kritikus berpendapat bahwa hal ini disebabkan materi promosi yang dirilis Disney terlalu mirip dengan promosi film Coco. Selain itu, kompetisi yang ketat dari genre film keluarga beserta pandemi yang berkepanjangan juga dipercaya menurunnya pendapatan film Encanto.

Berikut adalah daftar box office Amerika untuk periode akhir minggu tanggal 26-28 November 2021:

  1. Encanto – USD 27,0 juta
  2. Ghostbusters: Afterlife – USD 24,5 juta
  3. House of Gucci – USD 14,2 juta
  4. Eternals – USD 7,9 juta
  5. Resident Evil: Welcome to Raccoon City – USD 5,3 juta
  6. Clifford the Big Red Dog – USD 4,9 juta
  7. King Richard – USD 3,3 juta
  8. Dune: Part One – USD 2,2 juta
  9. No Time to Die – USD 1,8 juta
  10. Venom: Let There Be Carnage – USD 1,6 juta