Inilah Cara James Cameron Tulis Tiga Naskah Sekuel Avatar

Biasanya sebuah film sekuel dibuat satu persatu. Sebuah naskah dibuat lalu diproduksi filmnya. Selang berapa waktu kemudian dibuat lagi naskah sekuel kedua, kemudian diproduksi filmnya. Begitu seterusnya. Namun berbeda dengan film-film lainnya, James Cameron berncana memproduksi sekuel Avatar secara beruntun.

Saat ini dia dan timnya berfokus menulis naskah 3 sekuel film Avatar sekaligus. Sutradara yang terkenal perfeksionis ini tidak asal-asalan membuat naskah ketiga film tersebut. Ini terbuki pada waktu rilis sekuel pertama yang direncanakan pada akhir 2016. Bisa Anda bayangkan tingkat kesempurnaan film ini, baik dari segi karakter tokoh-tokohnya, setting tempat, dan alur ceritanya.

Awalnya, Cameron menulis 1500 halaman selama satu tahun tentang detil ide cerita Avatar yang dia inginkan, misalnya mengenai budaya, klan, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan hal-hal lainnya di dunia Avatar. Selanjutnya dia merekrut empat orang penulis untuk membantunya menulis naskah Avatar. Para penulis itu adalah Josh Friedman, Rick Jaffa and Amanda Silver dan Shane Salerno.

Menurut Cameron, ketiga sekuel ini memiliki keterkaitan cerita satu dengan yang lain. Pembuatan naskah ini dilakukan secara paralel. Cameron membentuk 3 tim penulis yang terdiri dari dirinya dan penulis lain. Tiap tim bertanggung jawab menulis satu naskah sekuel. Tidak hanya itu. Ketiga tim inipun saling berkomunikasi sehingga terjadi satu kesatuan cerita yang utuh pada ketiga film tersebut. Avatar 2 dijadwalkan akan mulai ditayangkan pada Desember 2016. Lalu iikutisekuelnya pada Desember 2017 dan Desember 2018.