Mulan Live Action Telah Mulai Syuting Akhir Januari 2018

Mulan Live Action Telah Mulai Syuting Akhir Januari 2018

Mulan Live Action Telah Mulai Syuting Akhir Januari 2018

Upaya Disney dalam membuat remake film animasi klasik yang sukses menjadi live-action masih terus berlanjut. Dari daftar panjang proyek ini, kita akan membahas Mulan Live Action yang akan dirilis tanggal 20 Desember 2019. Sebelumnya, film animasi Mulan mendapat hasil bagus di tahun 1998.Dari budget $90 juta, mereka meraih pemasukan $304,3 juta, sebuah angka yang sangat besar saat itu. Film ini diambil dari karya klasik China yang menceritakan seorang wanita muda menyamar menjadi pria dan menjadi prajurit menggantikan ayahnya yang sakit.

Upaya Disney membuat adaptasi ini dimulai sejak tahun 2000an. Semula mereka akan membuat film dengan bintang Zhang ZiYi menjadi pemeran utama dan Chuck Russell menjadi sutradara di tahun 2010. Tapi proyek ini batal, dan kembali dihidupkan tahun 2015 dengan pencarian bintang baru. Elizabeth Martin dan Lauren Hynek telah membuat naskah yang menceritakan pedagang kulit putih yang jatuh cinta dengan Mulan, dan menjadi tokoh utama. Tapi naskah ini dibatalkan akibat banyak protes karena tidak sesuai cerita asli dan kontroversi. Kemudian naskah ditulis ulang dan dibantu oleh Rick Jaffa dan Amanda Silver yang membuat cerita seri Planet of The Apes serta Avatar 3.

Sutradara terkenal asal Taiwan Ang Lee pernah ditawari tapi menolak. Kemudian sutradara Game of Thrones, Alex Graves sempat ditunjuk tapi batal. Bulan Februari 2017 diumumkan Niki Caro akan menjadi sutradara film ini. Caro yang berasal dari Selandia Baru, akan menjadi sutradara wanita ketiga yang membuat film dengan budget di atas $100 juta, setelah Patty Jenkins dan Ava DuVernay. Dia berkata bahwa film ini akan diinspirasi oleh berbagai film karya sutradara Ridley Scott yang mempunyai banyak pemeran utama wanita berkarakter kuat. Caro dan tim penulis memutuskan bahwa film ini tidak akan menjadi film musikal. Semula mereka menargetkan jadwal rilis pada bulan November 2018. Tapi akhirnya dirubah karena bentrok dengan jadwal rilis The Nutcracker and the Four Realms (2018) dan kesibukan merger dengan Fox. Di tahun 2019, mereka akan bersaing dengan 3 film remake Disney lainnya yaitu Dumbo, Aladdin dan The Lion King.

Casting pemeran utama dilakukan sejak Oktober 2017, dan sebulan kemudian diumumkan Crystal Liu Yifei akan memerankan Mulan. Sebuah tim diutus mencari pemain ke 5 benua untuk kasting 1000 aktris keturunan China yang bisa berbahasa Inggris, punya kemampuan bela diri dan kualitas bintang. Liu Yifei adalah aktris asal China yang beberapa kali muncul dalam daftar wanita tercantik dunia oleh TC Chandler. Sejak terjun ke dunia film di umur 15 tahun pada tahun 2002, Liu banyak berperan dalam film klasik dan mempunyai banyak fans. Akun sosial media Weibo miliknya punya penggemar 53 juta orang. Dia menjadi pusat perhatian setelah menembus Hollywood lewat film The Forbidden Kingdom (2008) bersama aktor terkenal Jackie Chan dan Jet Li. Apalagi sejak dia berpacaran dengan aktor terkenal Korea yaitu Song Seung-heun, walaupun akhirnya mereka putus.

Belum ada pengumuman tentang pemeran lain, selain gosip tentang Ming Na-Wen yang akan memerankan Fa-Li, ibu Mulan. Ming Na-Wen adalah pengisi suara Mulan di film animasi tahun 1998. Penggemar tertarik mencari siapa yang akan memerankan kapten Li Shang yang tampan, mereka membuat daftar calon aktor dari China, Korea dan Jepang. Tapi karena banyak protes, akhirnya Disney mengumumkan bahwa semua pemain di film ini akan berdarah China. Syuting telah dimulai sejak akhir Januari 2018.