Apa Itu Film Remake/Reboot?

Apa Itu Film Remake/Reboot?

Sering kali kita mendengar istilah remake/reboot dalam berita tentang film-film terbaru. Secara garis besar, keduanya berarti membuat kembali film-film klasik yang sudah ada. Namun, ada sedikit perbedaan di antara kedua istilah tersebut.

Sebuah film remake menghormati bahan sumbernya dan melakukan yang terbaik untuk memberi penghormatan kepadanya. Sebuah film remake bisa berarti modernisasi dalam gaya visual atau sinematik, relevansi sosial, dialog atau tema. Juga dapat menambahkan visi unik sutradara ke sebuah proyek dan bisa berarti adaptasi budaya untuk menarik perhatian. Contoh film remake adalah Total Recall (1990, remake tahun 2012) dan Godzilla (asli 1954 dan remake tahun 1998 dan 2014).

Sebuah film reboot menunjukkan perombakan lengkap dari bahan sumber dan merubah konsep menjadi waralaba. Materi baru mungkin sangat berbeda dari bahan aslinya yang hanya judulnya saja sama. Sebuah reboot dapat mempertahankan beberapa atau semua nama karakter, elemen plot, tema, setting dan alur cerita, namun reboot pada dasarnya dimulai dari awal. Contoh dari Film reboot antara lain Planet of the Apes (1968 dan reboot tahun 2011 dan 2013) dan film superhero seperti Spider-man dan Batman.

Satu kesamaan antara remake dan reboot adalah produser menghidupkan kembali film lama yang pernah terkenal. Contoh film reboot terbaru antara lain Mad Max: Fury Road (2015), Ghostbuster (2016), The Mummy (2017). Kemudian ada film yang sedang dibuat Tomb Rider (2018) dan Terminator (2018). Contoh film remake lainnya adalah Poltergeist (2015), The Magnificent Seven (2016), dan Dirty Dancing (2017).

Rencana Reboot Lethal Weapon, Ace Ventura, dan Major League

Kini beredar kabar ada beberapa film klasik yang rencananya akan dibuat ulang lagi. Pertama adalah seri Lethal Weapon yang terkenal sekitar tahun 1980an, dan terakhir dibuat tahun 1998. Awalnya Warner Bros ingin membuat reboot dengan tidak memakai lagi aktor Mel Gibson dan Danny Glover. Tapi perkembangan selanjutnya menjadi lain karena Gibson, Glover, dan sutradara Richard Donner bertemu untuk membicarakan proyek ini. Jadi belum jelas apakah mereka akan membuat reboot dengan pemeran baru atau membuat sekuel Lethal Weapon 5. Kita tunggu saja siapa yang akan memerankan karakter Martin Riggs dan Roger Murtaugh.

Selanjutnya, dengan tujuan sebagai bahan dari rebranding, perusahaan Morgan Creek ingin membuat kembali film mereka yang terkenal. Mereka baru saja berganti nama dari Morgan Creek Productions menjadi Morgan Creek Entertainment Group. Film pertama yang menjadi tujuan adalah Ace Ventura (1994, 1995, 2009), film yang menceritakan seorang detektif hewan peliharaan yang konyol. Tapi sulit untuk mengontrak kembali Jim Carrey karena dia pernah berkata tidak suka bermain dalam sekuel film. Dia hanya membintangi dua film pertama, dan film ketiga Ace Ventura: Pet Detective diperankan orang lain.

Film kedua adalah Major League (1989, 1994, 1998) yang dibintangi Charlie Sheen, Tom Berenger, dan Wesley Snipes. Belum ada kabar lebih lanjut tentang perkembangan proyek ini, tapi diberitakan Charlie Sheen tertarik. Selain kedua film ini, mereka juga mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali franchise Young Guns.